Hikasa's Blog

Sepenggal Nasehat

Posted on: Oktober 14, 2009

….dari surah Al Balad ayat 4, Tafsir Al Misbah

……..Manusia digambarkan sejak dalam rahim ibunya sampai dengan kematian bahkan setelah kematiannya tidak pernah luput dari kesulitan demi kesulitan.

Manusia kata sementara orang selalu saja menerima tempaan peristiwa yang tidak mudah dielakkannya. Kalaupun ia mampu mengelak maka kesulitan lain akan muncul di hadapannya. Bagaikan seorang yang mengarungi samudera, bila selamat dari ombak yang mengganas, ia tetap akan diliputi rasa takut oleh bahaya lain.

Apabila manusia bebas dari rasa lapar, belum tentu ia bebas dari penyakit. Kalau dari keduanya ia bebas, tidak mungkin ia bebas dari ketuaan, yang sedikit atau banyak akan menggelisahkannya dan pada akhirnya kematian akan merenggut jiwanya tanpa izinnya.

Semua manusia dalam kesulitan dan susah payah bukan saja dalam memenuhi kebutuhan hidup, tetapi juga dalam memelihara dan melindungi diri dan keluarga mereka. Bahkan dalam upaya mengarahkan potensi-potensi positifnya, manusia masih harus berjuang menghadapi dirinya sendiri, sebelum menghadapi orang lain.

Manusia sungguh menderita karena ia adalah makhluk yang menyadari eksistensinya dan kesadaran ini kata sementara orang itu telah menimbulkan kepedihan, kesulitan, dan kegelisahan bagi dirinya sendiri.

Manusia yang berhenti di sana akan memandang hidup ini dengan penuh pesimisme. Adapun yang beriman maka keimanan mereka akan melahirkan optimisme, sehingga walaupun ia mengalamikesulitan/penderitaan ia akan terus berjuang untuk menghadapinyadisertai dengan keyakinan bahwa pasti ada jalan keluar yang menantinya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Twitter Terbaru

Top Rated

Arsip

%d blogger menyukai ini: